7 Cara ini ektif dan Kreatif Untuk Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

سْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
SELAMAT DATANG DI SH GROSIR - SupplierHanduk.com!


JADILAH BAGIAN DARI 98% PELANGGAN KAMI YANG PUAS DENGAN KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN KAMI

pusat handuk terbesar, lengkap & murah, aneka souvenir unik bermanfaat, & distributor grosir aneka produk tekstil lainnya

lihat berbagai TESTIMONI

JANGAN LEWATKAN!
Ada VOUCHER 100K
di bagian bawah website ini.

Khusus bagi Anda yang teliti saja 😉

Walaupun anak -anak belum akil baliq dan belum diwajibkan berpuasa Ramadan, tapi tidak ada salahnya orang tua untuk mengajarkan pada anak berpuasa sejak usia dini agar lebih siap ketika telah diwajibkan untuk berpuasa.

biasanya semangat anak-anak untuk berpuasa cukup tinggi, namun pada perjalanannya, sangat sulit bagi mereka untuk menjalaninya selama sebulan penuh.

Nah, bagi orang tua yang ingin mengajari anak-anaknya berpuasa ramadhan, berikut ini adalah tips dan cara kreatif dan efektif untuk mengajarkan anak berpuasa.

1. Puasa Setengah Hari Sampai Adzan Dzuhur

Sumber gambar: Unsplash

Bagi anak-anak memang tak mudah tentunya jika harus menjalani puasa selama satu hari full. Nah, supaya anak tidak kaget, orang tua bisa ajari mereka berpuasa secara bertahap terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan berpuasa selama setengah hari yaitu sampai adzan dzuhur.

anak-anak bisa belajar berpuasa selepas waktu sahur hingga adzan dzuhur. Lakukan ini selama beberapa hari. Jika si kecil sudah siap, orang tua bisa secara bertahap menambahkan durasi puasanya.

supaya kecukupan nutrisi anak tetap terpenuhi, pastikan agar kita memberikan asupan makanan yang bergizi seperti makanan kaya vitamin, protein, dan susu.

2. Kurangi Jajan (Puasa jajan)

Sumber gambar: Unsplash

Mulai batasi anak dengan makanan-makanan tertentu atau jajanan yang digemari si anak. Misalkan jika si anak menyukai permen, biskuit, kue atau makanan seperti chicken nugget dan donat, ajari anak untuk tidak makan makanan favoritnya tersebut selama bulan puasa.

jika sudah terbiasa perlahan kurangi pilihan makanan tersebut hingga akhirnya si anak mulai terbiasa dan bisa mencoba berpuasa secara penuh.

3. Ngabuburit Seru

Sumber gambar: Unsplash

Salah satu cara agar anak bisa belajar puasa dengan lebih efektif adalah dengan mengalihkan perhatiannya dari makanan dan minuman selama berpuasa.

Buatlah berbagai macam aktifitas yang menyenangkan bersama anak. mulai dari nonton film islami, membaca al-quran, hingga bermain puzzel untuk membuat si kecil tidak begitu memikirkan soal puasa yang tengah ia jalani.

4. Siapkan Makanan Favorit untuk Berbuka Puasa

Sumber gambar: Unsplash

Sebagai bentuk  penghargaan dan motivasi karena mau belajar berpuasa, Orang tua bisa menyiapkan makanan favorit si kecil saat berbuka puasa.

Jika perlu, ikut sertakan anak dalam pemilihan menu buka puasa dan juga proses persiapannya agar si anak termotivasi untuk menyelesaikan ibadah puasa-nya pada hari itu.

5. Ajarkan Makna Puasa dan Berbagai Tradisi Uniknya

Sumber gambar: Tribunnews

Tidak lupa, sembari mengajarkan puasa, orang tua wajib perlan-pelan mengajarkan manfaat serta makna dari ibadah puasa, kebaikan bulan Ramadan, dan berbagai hal lainnya agar si anak memahami mengapa ia perlu berpuasa.

Kenalkan pula si anak tentang berbagai macam tradisi-tradisi selama bulan Ramadan seperti taraweh, tadarus, ngabuburit, buka bersama dan lainnya agar ia lebih tertarik untuk belajar berpuasa.

6. Jadi Contoh dan Teladan yang Baik

Sumber Gambar : Dream

salah satu tipikal anak-anak adalah selalu meniru atau mencontoh kebiasaan orang tuanya. Untuk itu, orang tua wajib bisa menjadi contoh dan teladan yang baik untuk anak.

Selalu dampingi anak untuk memberikannya dukungan agar dia mampu menyelesaikan ibadah puasa-nya.

7. Hadiah Spesial pada Hari Lebaran

Sumber Gambar : Unsplash

Untuk memotivasi anak, tak ada salahnya untuk memberikan hadiah special pada hari raya sebagai Reward supaya anak lebih semangat untuk belajar berpuasa.

Hadiah bisa berupa mainan, tas sekolah baru, atau apapun hal yang sedang diinginkan si anak, Namun juga bisa memberikan manfaat untuknya.

Meski tak mudah, mengajarkan anak berpuasa sejak dini adalah hal yang sangat penting. Akan tetapi, orang tua harus tetap ingat supaya tidak memaksakan anak, apalagi hingga diluar batas kemampuan mereka.

Yuk marilah mulai kenalkan serunya menjalani ibadah puasa pada anak Anda^^

Semoga Bermanfaat^^



KOLOM ARTIKEL BERMANFAAT

Artikel-artikel yang lain »