3 ALASAN KENAPA BANYAK PERNIKAHAN TERJADI DI BULAN SYAWAL

سْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
SELAMAT DATANG DI SH GROSIR - SupplierHanduk.com!


JADILAH BAGIAN DARI 98% PELANGGAN KAMI YANG PUAS DENGAN KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN KAMI

pusat handuk terbesar, lengkap & murah, aneka souvenir unik bermanfaat, & distributor grosir aneka produk tekstil lainnya

lihat berbagai TESTIMONI

JANGAN LEWATKAN!
Ada VOUCHER 100K
di bagian bawah website ini.

Khusus bagi Anda yang teliti saja 😉
Menikah adalah salah satu bentuk ibadah. Bahkan seseorang yang telah menikah juga dianggap telah menyempurnakan separuh agamanya.

Dua insan yang telah siap untuk menikah, dianjurkan untuk segera melangsungkan pernikahan tanpa menundanya lagi. Kesiapan seseorang untuk menikah tidak hanya dilihat dari usianya, namun juga kesiapan dari segi mental dan biaya.

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur: 32).

Lalu berkembang di masyarakat kenapa Syawal identik dengan bulan nikah? Inilah alasan Bulan Syawal bagus untuk menikah.

1. Sunnah Nabi Muhammad



Dasar kenapa bulan syawal menjadi bulan yang banyak di jadikan saat untuk mengadakan acara pernikahan adalah terdapat dalam hadist dari Aisyah Radhiyallahu Anha yang menceritakan:

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menikahiku di bulan Syawal dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka istri-istri Rasulullah yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal.” (HR Muslim)

2. Mengingkari Kepercayaan Sesat Masyarakat Jahiliyah.



Sebelum Islam datang di tengah masyarakat jahiliah, Banyak sekali mitos sesat bertebaran, seperti tentang muamalah, perjalanan, sampai tentang pernikahan juga ada. Salah satunya tentang mitos pernikahan di Bulan Syawal.

Masyarakat jahiliyah menganggap sial menikah di bulan syawal karena dahulunya di bulan itu unta betina mengangkat ekornya sebagai pertanda enggan untuk menikah dan melarang unta jantan untuk mendekat. Karenanya wanita pun harus menolak ketika dinikahi pada bulan tersebut.

Oleh karena mitos itulah, Nabi Muhammad menganjurkan untuk menikah di Bulan Syawal untuk mematahkan mitos tersebut.

3. Bulan silaturahmi



Syawal dengan lebaran di dalamnya menjadi simbol silaturahmi bagi Umat Islam. Dengan menjalin hubungan silaturahmi, disambung dengan menjalin pernikahan, maka silaturahmi akan semakin erat.

Jadi gimana? Mau nikah di Bulan Syawal, gak?

Semoga Bermanfaat^^

KOLOM ARTIKEL BERMANFAAT

Artikel-artikel yang lain »