Tips Berolahraga saat Berpuasa di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang unik dimana umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. kurang lebih selama 13 jam, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar.

Selain waktu makan, makanan yang dimakan ketika bulan Ramadhan biasanya berbeda dari biasanya karena terdapat tradisi makan makanan tertentu yang hanya ada di bulan Ramadhan, seperti kurma, kolak dan es sirup. Sedikit banyak perubahan pada pola makan ini dapat mempengaruhi fungsi tubuh.

Banyak orang yang masih tetap melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap vit di bulan Ramadhan. Tentusaja Berolahraga membawa pengaruh positif pada tubuh, Namun, bagaimana cara menjalankan olahraga di bulan Ramadhan ketika kita berpuasa? lalu hal-hal Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut Penjelasannya..

1. Waktu Berolahraga

Pertama kali yang wajib diperhatikan adalah waktu olahraganya. Seperti yang dilansir dari thenational dan islamicity, olahraga sebaiknya tidak dilakukan ketika berpuasa karena saat puasa perut dalam keadaan kosong. Waktu yang baik untuk olahraga di bulan Ramadhan adalah setelah berbuka, karena setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali.

di refrensi lain, juga terdapat pendapat yang beranggapan bahwa waktu yang baik berolahraga adalah ketika akan berbuka puasa. Seperti yang dilansir dari Kompas.com, dr. Saptawati Bardosono berkata bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit saat akan berbuka karena mendekati waktu makan.

2. Jenis Olahraga

Jenis olahraga juga harus Anda perhatikan. Adabaiknya lakukan jenis olahraga intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging, dan bersepeda. Disarankan untuk tidak mencoba intensitas olahraga yang lebih tinggi dari yang biasa Anda lakukan karena ditakutkan tubuh tidak mampu melakukannya.

3. Asupan makanan yang diperlukan

ketika Ramadhan, tubuh diberi waktu dua kali untuk makan, yaitu ketika sahur dan berbuka puasa (waktu maghrib). Waktu makan di bulan Ramadhan agak berubah dibandingkan dengan hari biasanya.

Karbohidrat merupakan energi utama bagi tubuh. Karbohidrat dapat mengembalikan kadar glukosa darah yang menurun ketika berpuasa. Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat (yang memiliki indeks glikemik rendah) diperlukan karena membantu melepaskan energi secara perlahan sehingga energi dalam tubuh tidak cepat habis.

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ketika berbuka puasa untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot dan kemudian konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi ketika sahur untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong.

Ini merupakan strategi untuk mengurangi perasaan cepat lapar selama berpuasa dan juga mempertahankan energi sampai berolahraga

Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan tubuh. Makanlah makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, daging, dan telur. Protein merupakan zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan juga sebagai zat pembangun. Protein membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.

4. Banyak minum

Dehidrasi bisa terjadi saat berolahraga apalagi jika dilakukan pada cuaca panas. Maka untuk mencegah hal ini, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari.

Selain itu, Anda juga disarankan membatasi melakukan aktivitas fisik berat di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat di siang hari saaat puasa dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan tubuh hilang melalui keringat.

5. Perhatikan juga lama tidur

Untuk menjaga tubuh tetap bugar saatbulan Ramadhan, waktu tidur harus cukup. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang mungkin kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.

Nah itulah Tips berolahraga saat berpuasa di bulan ramadhan, dengan badan yang sehat dan kuat kita akan lebih maksimal dalam menjalankan ibadah-ibadah di bulan ramadhan

Semoga Bermanfaat^^




KOLOM ARTIKEL BERMANFAAT

Artikel-artikel yang lain »
 
hubungi kamiAMBIL DISKONnya! sekarang juga