Tidak Banyak yang tau! Inilah Asal usul Ngabuburit

سْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
SELAMAT DATANG DI SH GROSIR - SupplierHanduk.com!


JADILAH BAGIAN DARI 98% PELANGGAN KAMI YANG PUAS DENGAN KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN KAMI

pusat handuk terbesar, lengkap & murah, aneka souvenir unik bermanfaat, & distributor grosir aneka produk tekstil lainnya

lihat berbagai TESTIMONI

JANGAN LEWATKAN!
Ada VOUCHER 100K
di bagian bawah website ini.

Khusus bagi Anda yang teliti saja 😉

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu maghrib menjelang berbuka puasa. Secara istilah ngabuburit lebih familiar dikalangan anak-anak dan remaja yang memiliki banyak waktu luang saat melaksanakan ibadah Puasa. Waktu luang atau kosong inilah yang disebut dengan ngabuburit.

Ngabuburit sbiasanya kerap diisi dengan berbagai aktivitas ringan seperti menonton film, bermain game, atau berolahraga ringan. Beberapa daerah bahkan memiliki tradisi ngabuburitnya masing-masing.

Asal-usul Kata Ngabuburit

Kata ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yaitu “burit” yang artinya waktu "menjelang sore". Secara lengkapnya dalam bahasa sunda ngabuburit merupakan singkatan dari “ngalantung ngadagoan burit” yang artinya "bersantai-santai menunggu waktu sore".

Kata ini kemudian menjadi identik dengan Ramadan karena Ibadah Puasa identik dengan menunggu waktu berbuka yaitu pada waktu sore hari.

Ngabuburit dan Ramadan

Walaupun ngabuburit indentik dengan Bulan Ramadan, di daerah asalnya kegiatan ngabuburit tak hanya dilakukan di Bulan Ramadhan saja, melainkan sehari-hari kala menungu adzan Maghrib juga di sebut ngabuburit.

Perkembangan Ngabuburit di Indonesia

Awal mulanya, kegiatan ngabuburit selama Bulan Ramadan biasanya diisi dengan berbagai kegiatan religius seperti Pondok Pesantren Ramadhan. Namun, seiring berkembangnya zaman, ngabuburit di Indonesia mulai berkembang menjadi berbagai macam aktivitas yang lebih bervariasi.

Seperti wisata kuliner di pasar kaget alias pasar Ramadan, biasanya untuk membeli takjil buka puasa, atau berbagai aktivitas sosial seperti bansos, belajar mengaji, hingga sekedar acara kumpul-kumpul sahabat.

••••••

Nah Sahabat, Itulah pengertian dan asal usul dari Budaya Ngabuburit yang kerap dilupakan. Meskipun berasal dari Tradisi Sunda, Ngabuburit ini juga sangat akrab dalam kebudayaan Ramadhan di Wilayah Nusantara.

Sudah siap menjalankan tradisi ngabuburit di bulan Ramadan kali ini?
Yuk, isi kegiatan ngabuburit bulan Ramadan tahun ini dengan berbagai kegiatan bermanfaat!

Semoga Bermanfaat^^

KOLOM ARTIKEL BERMANFAAT

Artikel-artikel yang lain »