Penting!!! Persiapan Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan merupakan tamu agung yang selalu dinanti-nantikan kedatangannya, malah jika bisa kita berharap untuk tidak di ditinggalkannya. Itulah sebabnya begitu banyak hal yang penting untuk dipersiapkan guna menyambut kedatangannya.

Seperti sebuah persiapan momen akbar menyambut tamu kehormatan, maka berbagai macam persiapan harus dilakukan supaya ibadah di bulan Ramadhan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw. Berbagai persiapan yang dilakukan ini merupakan bentuk upaya kita untuk menyambut keistimewaan dan kemuliaan amal shalih yang dihadirkan oleh Bulan Ramadhan.

Berikut merupakan persiapan dalam rangka menyambut Ramadhan yang bisa kamu lakukan, yaitu antara lain:

1. Bertaubat

Karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. yang keberkahannya akan dilimpahkan kepada pribadi yang beriman maka sangat di anjurkan untuk melakukan pertaubatan supaya diri kita semakin bersih untuk menerima keberkahan dari ALLAH Swt. dianjurkan pula untuk meminta maaf pada sesama manusia supaya diri kita bebas dari tanggungan urusan kepada sesama manusia sehingga beribadah bisa lebih tenang.

2. Memahami Amaliah di Bulan Ramadhan

Sangat penting untuk kita meningkatan pemahaman tentang Amaliah di Bulan Ramadhan baik dari segi lahiriyah dan bathiniyah supaya ibadah yang kita laksanakan sesuai dengan petunjuk-petunjuk Al-Qur'an dan As-Sunah. 

3. Meningkatkan kualitas Iman


Iman merupakan modal utama dalam melandasi semua aktivitas ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan. Maka memperkuat dan mempertajam iman sangat penting untuk kita lakukan. Iman yang kuat mampu memberikan kita suntikan semangat yang luar biasa untuk melaksanakan ibadah dan amaliah di bulan ramadhan. Meningkatkan kualitas iman ini bisa kamu lakukan dengan cara mendengarkan tausiyah tentang fadhilah bulan ramadhan dan pahala-pahala atau manfaat ibadah di bulan Ramadhan

4. Membiasakan Beramal Sholeh

Mulai membiasakan amalan yang di lakukan di bulan ramadhan. Misalnya, memperbanyak puasa di bulan sya'ban, menambah intensitas dan kualitas sedekah, banyak baca quran di siang dan malam hari, membiasakan tahajud dan lain-lain. Kamu juga harus memiliki harapan dan target amal shalih yang akan ditingkatkan ketika Ramadhan, seperti khatam Qur'an, mengikuti Kajian, meningkatkan lagi sedekah, memperbanyak silah ukhuwah dan lain sebagainya.

5. Mempersiapan Doa

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk berdoa karena bulan ramadhan adalah saat mustajab. Maka kita bisa mempersiapkan doa dan permohonan yang akan disampaikan khususnya saat ramadhan.Pahami pula adab dalam berdoa kepada Allah, supaya peluang terkabulnya doa bertambah besar.

6. Mempersiapkan Rezeki yang halal dan thoyibah

Rezeki yang halal dan thoyyib dapat menjadi sebab kelancaran kita dalam beribdah, juga rejeki yang halal bisa menambah peluang terkabulnya doa semakin besar. dan juga mempersiapkan rezeki yang halal dan thoyyibah ini dilakukan supaya di bulan Ramadhan bisa melaksanakan amaliah ibadah dengan lebih maksimal terutama bisa menunaikan zakat dan sedekah sesuai dengan ketentuan.

itulah beberapa hal dari sekian banyak persiapan lainnya yang bisa kita lakukan dalam rangka menyambut kedatangan Bulan Ramadhan. Marilah kita menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh keimanan, keceriaan, dan keikhlasan. Semoga kita semua bisa dan berkesempatan meraih keutamaan Bulan Ramadhan dengan cara memperbanyak amal shaleh dan beribadah secara maksimal. Aamiin YRA.

KOLOM ARTIKEL BERMANFAAT

Artikel-artikel yang lain »
 
hubungi kamiAMBIL DISKONnya! sekarang juga