Jangan Malas Mencuci Handuk! Ini Akibatnya !


Tidak seperti pakaian yang kita kenakan sehari hari, kebersihan handuk sering kali luput dari perhatian kita. mungkin kamu mencuci handuk kamu sebulan sekali, atau malah tidak pernah. karena menganggap fungsi handuk hanya untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Padahal, tanpa kita sadari handuk juga bisa menjadi sarang kuman dan mikroorganisme lain loh. akan  berakibat negatif pada tubuh jika malas mencuci handuk secara rutin.

Sarang bakteri

Benar bahwa Fungsi handuk adalah untuk mengeringkan tubuh yang sudah bersih. itulah mengapa Handuk seringkali dianggap tidak kotor. Akan tetapi, menurut seorang Ahli yaitu Philip Tierno, PhD, profesor di bidang klinis patologi dan mikrobiologi dari NYU School of Medicine, Amerika Serikat (AS), mengatidakan bahwa sesudah kita mandi ternyata tidak semua bakteri tersapu bersih. Beberapa bakteri masih ada dan tertinggal di tubuh kita. Nah, pada saat kita mengeringkan tubuh dengan handuk, bakteri di tubuh kita bisa saja berpindah ke handuk dan mulai berkembang biak disana.

Nah, dari pendapat Ahli diatas kita tau bahwa Handuk yang lembap, basah, dan tidak kering sempurna akan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur. Maka sangat di anjurkan kita rajin mencuci handuk yang kita gunakan. apalagi jika handuk sudah berbau.

Aroma tidak sedap biasanya berasal dari pertumbuhan mikroba pada handuk yang kotor. Jika kondisinya demikian, maka handuk harus segera dicuci menggunakan detergen,.

Akibat ketika kamu malas mencuci handuk

Handuk merupakan salah satu benda yang paling banyak kumannya di kamar mandi. jadi Jika kamu malas rutin mencucinya, ini seperti kamu sukarela ingin “dijajah” kuman dan penyakit.

Resiko terjadi infeksi pada kulit

Mengeringkan tubuh dengan handuk kotor dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Ketika kamu menggosok tubuh kuat-kuat dengan handuk, kulit kamu bisa tergaruk, Lecet atau luka yang tidak kasatmata dan hal itulah yang bisa menjadi pintu bakteri untuk masuk ke dalam tubuh.

Walaupun demikian, penyakit akibat menggunakan handuk kotor kasusnya sangat jarang. Hal itu disampaikan oleh spesialis penyakit menular Aaron Glatt, MD, FACP, FIDSA, FSHEA, juru bicara Infectious Disease Society of America. Kata Prof. Gerba, kuman dari tubuh kamu sendiri tidak akan membuat kamu sakit, tetapi lebih pada meningkatkan resiko tertular penyakit ketika kamu saling meminjam handuk dengan orang lain.

Menimbulkan jerawat

Jika kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat (acne-prone), sangat di anjurkan kamu mencuci handuk setelah memakainya. Karena ketika kamu menggosok kulit dengan handuk kotor, khususnya pada kulit dengan pustula (gelembung yang berisi nanah) yang terbuka, bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh kamu dan memunculkan jerawat. baik di wajah, punggung, atau bagian tubuh yang lain.

Jaga handuk Kamu tetap bersih dengan cara ini

Walaupun cuma kamu yang memakai handuk tersebut, Prof. Gerba dan Prof. Tierno merekomendasikan kamu untuk mencuci handuk setiap 2-3 hari sekali. Lebih dari itu, mikroorganisme akan membuat handukmu kotor.

Memang kamu tidak akan langsung sakit jika memakai handuk yang belum dicuci selama 1 atau 2 minggu, tapi coba bayangkan, apakah kamu mau mengenakan pakaian dalam kotor setelah mandi (kecuali dalam kondisi darurat)?

Selain itu, hindari untuk saling meminjam atau bertukar handuk dengan orang lain, meski dengan pasangan atau anggota keluarga sendiri. Ingatlah bahwa, handuk adalah barang pribadi.

Sama seperti pakaian dalam dan sikat gigi, handuk juga seharusnya tidak digunakan bergantian dengan orang lain. karena bertukar handuk dengan orang lain sama saja dengan bertukar kuman, jamur, ataupun penyakit menular lainnya.

Selain handuk mandi, perhatikan juga handuk tangan yang digunakan setelah mencuci tangan.

“Karena pemakaiannya lebih sering, sebaiknya handuk tangan dicuci lebih sering, yakni tiap 2-3 kali sehari. Namun, jika handuk digunakan bersama-sama, sebaiknya cuci setiap hari,” papar dr. Nadia.

Walaupun terlihat bersih atau cuma kamu yang memakainya, tetapi handuk bisa menjadi sarang mikroorganisme. Karenanya, jangan pernah malas mencuci handuk, baik itu handuk mandi, handuk tangan, atau handuk kepala, karena bisa mengakibatkan infeksi, timbulnya jerawat atau jerawat makin “subur”, atau keluhan lainnya.

Selain itu, hindari juga saling bertukar handuk guna mencegah penularan penyakit tertentu.

Setelah membaca artikel ini, jangan lagi malas untuk mencuci handuk, ya^^

KOLOM ARTIKEL BERMANFAAT

Artikel-artikel yang lain »
 
hubungi kamiAMBIL DISKONnya! sekarang juga