5 Manfaat Makan di Waktu Sahur Untuk Kesehatan


Buat kamu yang malas bangun buat makan sahur lebih baik di rubah ya, karena ternyata makan sahur membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan kita loh..

Untuk sebagian orang, Ujian saat puasa tak hanya seputar menjalani ibadah puasanya saja, tetapi juga termasuk godaan untuk bangun makan sahur. Yup, masih banyak orang merasa malas atau sulit bangun sahur karena waktu sahur memang berada di jam-jam orang sedang terlelap.

jadi tidak heran, entah ketiduran atau enggan tidurnya terganggu, akhirya banyak  sekali orang yang melewatkan waktu sahurnya. Padahal makan sahur saat puasa disunahkan dan juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang tidak bisa diremehkan.

lalu manfaat apa saja sih yang kamu dapat saat kamu makan sahur ? kami telah merangkum beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Sebagai sumber energi untuk aktivitas seharian


Manfaat makan sahur yang pertama ialah sebagai sumber energi ketika kita berpuasa nanti. karena meskipun kita berpuasa kita juga harus tetap beraktifitas seperti biasa. Untuk itu, sangat disarankan mengonsumsi makanan kaya gizi dan seimbang selama sahur dimana makanan yang kamu konsumsi mengandung protein, vitamin, karbohidrat, serat, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Jangan lupa minup air yang cukup saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

2. Meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh



Manfaat makan sahur yang kedua ialah dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa. Para ahli kesehatan meyakini bahwa dengan makan sahur, maka sistem imunitas tubuh dapat menjadi lebih baik.

Manfaat sahur ini dapat diperoleh secara maksimal jika kamu mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi di waktu sahur tiba.

3. Meminimalisir terkena penyakit yang disebabkan sindrom metabolik


Manfaat makan sahur yang ketiga ialah mampu mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, dan diabetes yang diakibatkan oleh sindrom metabolik.

Aapa itu sindrom metabolik? Sindrom metabolik adalah kondisi kesehatan yang memburuk dan terjadi secara bersaamaan. Hal ini bisa diindikasikan melalui naiknya gula darah, tekanan darah, kolesterol, dan penumpukan lemak.

4. Mencegah gangguan pencernaan


Manfaat makan sahur yang keempat ialah dapat Mencegah gangguan pencernaan. Pola makan yang teratur selama makan sahur dan puasa sebenarnya bisa membantu mencegah gangguan pencernaan. Namun ingat, kamu harus menghindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung saat sahur.

Selain itu, pastikan pula asupan makanan yang kamu konsumsi saat sahur juga mengandung berbagai macam nutrisi penting.


5. Dapat Membantu “melancarkan” program diet


Dan manfaat makan sahur yang kelima ialah Dapat Membantu “melancarkan” program diet. Buat kamu yang sedang diet, makan sahur juga dapat membantu “melancarkan” program diet yang sedang kamu jalani lo..

Akan tetapi kamu juga wajib memilih menu makanan yang tepat agar program diet yang kamu jalani tidak sia-sia. Selain itu, jangan konsumsi makanan secara berlebih karena konsumsi makanan berlebih saat sahur dapat membuat tubuh menjadi lemas, dan juga malah dapat membuat diet yang kamu jalani menjadi berantakan.

Nah itulah beberapa manfaat makan sahur untuk kesehatan guyss.. jangan lupa niatkan sahur sebagai ibadah juga ya guys, dengan begitu makan sahur yang kalian lakukan akan bebuah pahala, dan bonusnya ialah kesehatan badan kalian^^

Semoga Bermanfaat^^






KOLOM ARTIKEL BERMANFAAT

Artikel-artikel yang lain »
 
hubungi kamiAMBIL DISKONnya! sekarang juga